Tusuk Sate, Cara Membuat Tusuk Sate

Cara Membuat Tusuk Sate Bambu & Tusuk Gigi

Cara Membuat Tusuk Sate Bambu – Seperti yang kita ketahui, seluruh bagian bambu dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari pemanfaatan bambu yang masih dalam keadaan utuh maupun pemanfaatan setelah melalui berbagai tahapan terlebih dahulu, seperti sumpit bambu, tusuk sate, hingga tusuk gigi yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kebutuhan pemakainya.

Tentunya bambu-bambu yang disajikan dalam berbagai bentuk olahan seperti tusuk sate ini tidak lain diperoleh dengan memanfaatkan Mesin Tusuk Sate Canggih yang dapat anda peroleh dengan mudah. Bukan hanya tusuk sate saja, namun bambu-bambu ini juga bisa diproses dan diolah menjadi tusuk gigi, dan sumpit bambu juga.

Cara & Proses Membuat Tusuk Sate Bambu

Adapun proses produksi tusuk sate dengan alat pembuat tusuk sate sederhana yaitu sebagai berikut:

Pemotongan Bambu

Sebelum dimasukkan ke dalam alat pembuat tusuk sate otomatis, bambu-bambu ini terlebih dahulu harus dilakukan proses pemotongan sampai menjadi bentuk yang lebih kecil dan sesuai dengan kapasitas yang dapat dimuat oleh mesin. Pemotongan bambu bisa dikerjakan dengan memakai gergaji circle supaya mendapat ukuran yang diharapkan.

Pembelahan Bambu

Setelah bambu dipotong sampai ukuran yang dibutuhkan menggunakan gergaji circle, kemudian langkah selanjutnya ialah pembelahan bambu dengan memakai mesin pembelah bambu sederhana, itu jika produksi anda cukup banyak. Namun apabila produksi anda masih sedikit, anda bisa melakukan proses pembelahan bambu dengan cara manual tanpa memanfaatkan mesin.

Irat atau Penipisan

Jika bambu sudah dibelah dengan menggunakan alat pembelah bambu sederhana, proses selanjutnya sebelum bambu diproses ke dalam mesin tusuk sate adalah dengan melakukan proses irat atau penipisan bambu dengan menggunakan mesin irat bambu sederhana. Hal ini bertujuan untuk melenyapkan ruas bambu yang mengganggu sekaligus menyesuaikan ukuran dan bentuk bambu.

Pembelahan bambu

Tahap pembelahan bambu kali ini berbeda dengan pembelahan bambu pada proses awal. Jika proses pembelahan bambu pada tahap pertama berfungsi untuk membelah bambu yang memiliki bentuk awal bulat hingga menjadi bentuk kecil-kecil. Namun jika proses pembelahan bambu kali ini berfungsi untuk membelah bambu yang sudah ditipiskan(irat) menjadi bentuk lidi.

Penyerutan(Pembulatan)

Bambu yang sudah disesuaikan ukurannya itu membuktikan bahwa bambu telah siap diproses dengan alat serut bambu sederhana. Proses penyerutan ini berfungsi untuk membulatkan lidi bambu yang telah disiapkan tadi. Bentuk ukuran bambu yang diperoleh dengan memanfaatkan mesin ini ialah 1 mm sampai 4 mm.

Pemotongan

Pemotongan tusuk sate dilakukan untuk menyelaraskan ukuran tusuk sate anda dengan tusuk sate pada umumnya. Pemotongan tusuk sate ini bisa dikerjakan secara manual dengan menggunakan gergaji khusus.

Pengeringan

Bambu-bambu yang sudah berbentuk tusuk sate kemudian dikeringkan dengan memanfaatkan cahaya matahari atau mesin oven dengan suhu 85 derajat Celcius. Setelah tahap pengeringan ini rampung maka tahap selanjutnya adalah peruncingan tusuk sate.

Peruncingan

Tahap peruncingan tusuk sate ini dilakukan dengan memakai mesin peruncing tusuk sate semi otomatis. Dimana saat tusuk sate dimasukkan, mata pisau yang tajam akan mengenai bagian ujung tusuk sate.

Penghalusan

Setelah melalui serangkaian proses ini, proses yang terakhir ialah penghalusan tusuk sate. Nah, untuk langkah ini biasanya memakai bak goyang dimana tusuk sate ini akan saling bergesekkan sehingga tusuk sate menjadi lebih halus. Setelah melalui langkah yang terakhir ini, tusuk sate siap untuk dipasarkan ke seluruh penjuru Nusantara.

Pastinya orang pertama yang membutuhkan tusuk sate ini ialah penjual sate, yang mana tusuk sate merupakan alat terpenting dari sate tersebut. Karena pada umumnya sate disajikan dengan cara ditusuk dengan berbagai jenis bahan baku dan resep yang digunakan. Disamping rasa yang lezat, hidangan dengan memanfaatkan tusuk pastinya memiliki ciri khas dan keasyikan tersendiri bagi para penikmatnya bukan?

Untuk Anda yang mengembangkan usaha dalam bidang kuliner terlebih kuliner sate, tidak ada ruginya jika tusuk sate itupun diproduksi sendiri dengan memanfaatkan mesin tusuk sate canggih ini. Tusuk sate yang Anda pakai tentunya lebih steril karena Anda sendiri yang memastikan proses pembuatannya.